Table Database MySQL Tiba-tiba Hilang, Bagaimana Mengembalikannya?

Spesifik table database mysql tiba-tiba hilang, hampir saja data 21.446 pelanggan sirna. Kejadian misterius ini terjadi bermula ketika pagi pukul 08.46 wib server client kami down. Begitu mendapat notifiasi server down, kami langsung memeriksa server. Belum sempat kami melihat log, ternyata 5 menit kemudian server up kembali, namun ada yang aneh. Pada saat kami buka homepage, semua produk hilang.

Kemudian kami mencoba untuk login ke Dahsboard, juga tidak bisa. Ada yang aneh, ketika kami login, pesan error yang muncul adalah user doesn’t exist. Whait, what? Kalau salah password, mungkin masih salah ketik, tapi ini user tidak ada. Seketika kami periksa Cpanel, kemudian melihat database mysql, dan ternyata benar seperti dugaan kami. Spesifik table database “wp_users” tidak ada, belum cukup itu table produk, juga tidak ada.

Anehnya, website tetap bisa di akses dan tidak pesan database error. Mungkin karena dbname & dbpass semuanya benar, dan tentu saja database juga hidup normal. Sungguh ini misterius, sekali, bagaimana mungkin sepesifik table bisa hilang begitu saja. Lebih heran lagi, ini terjadi setelah kami menerima notifikasi server down. Untung saja, kami segera mengecek website dan mencari solusinya.

Solusi Mengatasi Spesifik Table Database Hilang

Terkait hal ini belum bisa dipastikan kenapa spesifik tabel bisa hilang karena harus ada detail aktifitas login dari user. Hal ini bisa juga disebabkan oleh tidak sengaja terhapus oleh user sendiri atau adanya malware yang terinjeksi di hosting Anda. Untuk itu bisa dilakukan pengecekkan dari sisi Anda terkait aktifitas loginnya terlebih dahulu. Tentu saja jawaban tersebut tidak memberikan solusi berarti, tidak menyelesaikan masalah.

Karena, user (client dan/atau pelanggan) dalam hal ini tidak mungkin dapat mengakses selain super admin dan/atau pengelola website (etc. kecuali di hack).

Jadi, solusinya adalah me-restore database (mengembalikan) sesuai backup-an terakhir. Maka, celakalah bagi yang tidak memiliki backup-an database atau file yang ada pada website. Untuk itu, disinilah pentingnya memiliki cadangan (backup) berkala. Untung saja, jasa pembuatan website di RCH Techno sudah termasuk, backup rutin / berkala setiap hari. Bila terjadi masalah seperti ini, kami bisa mengembalikan data yang hilang (sesuai backup-an terakhir).

Maka, langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut;

Restore Database

Untuk restore sendiri, bisa Anda lakukan terlebih dahulu dari sisi Anda karena ini termasuk case sensitif. Anda bisa mengikuti panduan berikut ini;

Table Database MySQL Tiba-tiba Hilang, Bagaimana Mengembalikannya?
Pilih Jetbackup > Database backups
  1. Masuk ke cPanel > Cari Tab Jetbackup
  2. Pilih database backup
  3. Klik Restore pada tanggal di mana Anda ingin database direstore
untuk restore database sendiri ada beberapa tanggal yang bisa dipilih
Untuk restore database sendiri ada beberapa tanggal yang bisa dipilih

Setelah itu, pilih backup-an terakhir (teratas), kemudian klik Restore. Selanjutnya tunggu sampai proses Restore selesai.

Cara ini mungkin tidak menyelesaikan sepenuhnya, namun bisa menyelamatkan data yang tersimpan terakhir. Setidaknya dalam kasus ini, client kami tidak jadi kehilangan 21.446 pelanggan, hanya dalam waktu 5 menit (sejak server down, sebelum diketahui hilangnya table). Pihak kami sudah melaporkan kejadi ini ke pihak server n***a*****r, namun jawaban yang mereka berikan tetap tidak dapat menyelamatkan transaksi yang terjadi sejak database terakhir di backup.

hampir kehilangan 21k pelanggan
hampir kehilangan 21k pelanggan

Efek Samping Kejadian Ini

Apa yang terjadi dalam rentang waktu itu? Tentu saja komplain dari konsumen, adanya duplikat Kode Pesanan. Untuk mengatasi hal tesebut, kami menginstruksikan kepada Admin terkait, untuk mendahulukan konsumen yang sudah konfirmasi pembayaran, namun kode pesanan sama. Dengan demikian, proses transaksi dapat terus berlanjut, dan berjalan sesuai dengan ritme yang ada.