Dari Akun Instagram, Jadi Nama Domain Sendiri dan Lihat Apa Hasilnya

Sekitar akhir Februari tahun ini, kami bertemu dengan seorang client. Ia adalah seorang driver bus Travel, yang saat itu sedang istirahat di sebuah warung Burjo. Mulanya obrolan kami hanya sebatas, wisata apa saja yang ada di Banyuwangi.

Kebetulan driver bus Travel ini adalah orang Banyuwangi yang sedang membawa penumpang ke Jogja.

Singkat cerita kami tercetus ide, yang kemudian kami sarankan untuk membuat akun instagram. Nanti kontennya tentang menerima jasa Open Trip wisata di Banyuwangi, begitu saran kami.

Dan hari itu juga, beliau langsung membuat akun instagram, dengan username funtripbwi.

Melihat Potensi

Dari Akun Instagram, Jadi Nama Domain Sendiri dan Lihat Apa Hasilnya
Armada Yang Siap Membawa Wisatawan ke Lokasi Wisata

Karena apa? Dari cerita beliau, kami melihat ada potensi yang besar dari seorang driver ini; yaitu (1.) Armada ada, (2.) Paham rute, (3.) Tahu spot-spot terbaik, dan (4.) Tahu jalan yang tepat menuju Kawah Ijen (hafal medan).

Maka kami sarankan untuk mencoba membuat sendiri rute trip wisata dan membuat paket wisata yang se-arah. Artinya, kalau misal di Jogja itu kan ada trip city tour, itu bisa ke Malioboro, Benteng Vredeburg, Kraton, dan Taman Sari.

Nah, jalan itu merupakan 1 arah, cukup ke arah selatan, bisa hemat BBM juga dan wisatawan bisa jala-jalan ke 4 tempat bahkan lebih.

Logika inilah yang kemudian, si Driver tercetus ide untuk memasarkan Armada-nya sendiri.

Meskipun saat itu Ia masih menerima panggilan dari tentangga dan client tetap untuk mengantar ke daerah sekitar Banyuwangi yaitu Jember.

Ia ingin expand dan mendapat lebih banyak lagi orderan.

Walaupun followers masih sedikit, tapi lumayan sudah mulai ada yang bertanya-tanya (DM).

Lebih Profesional Dengan Membuat Website

Website Funtripwbi

Sebulan kemudian, si driver menghubungi kami.

Menurutnya akun istagram saja tidak cukup, Ia melihat kompetitor sudah memiliki website dan terlihat profesional.

Kemudian tanpa basa-basi beliau langsung menanyakan harga jasa buat website dan berasumsi harganya pasti mahal.

Yap, sebagai seorang web developer tentu kita tahu berapa budget untuk membuat website. Kemudian kami menawarkan harga yang paling proposional dan terjangkau untuk seorang driver.

Mendengar hal itu, Ia semakin bersemangat untuk memajukan usahanya.

Kemudian solusinya adalah menggunakan jasa Hosting Murah, bahkan terjangkau untuk startup yang benar-benar dari Nol. Sehingga kami menggunakan Jasa Rumahweb, yang saat itu (bulan Maret) sedang ada promo beli Hosting gratis Domain.

Betapa beruntungnya driver bus ini, dengan kapasitas 1024MB kami rasa sudah reliable untuk membuat landing page.

Terhitung sejak awal bulan Maret 2019, domain funtripbwi.com resmi teregister di Rumaweb. Lalu kami memanfaatkan WordPress sebagai framework dalam membangun web, karena sudah pasti menurunkan cost produksi kami dan lebih cepat.

Untuk meningkatkan profesionalitas Funtripbwi, akhirnya kami sarankan untuk membuat email dengan nama domain sendiri. Kemudian, kami setup email cp@funtripbwi.com, yang diforward ke Gmail.

Mulai Banjir Orderan!

Pada saat musim liburan, mulai banyak yang bertanya dan booking untuk liburan.

Karena belum mempelajari formatnya, si Driver sedikit kebingunan saat customernya menanyakan apakah sudah termasuk penginapan atau kalau penginapan ditanggung sendiri bagaimana.

Sampai akhirnya beliau mengajak temannya yang bekerja di Travel Agency, untuk membuatkan itenery.

Walaupun ini baru mulai, tapi dengan profesionalitas membuat kepercayaan pelanggan semakin meningkat.

Saat bulan Mei lalu, kami sempat mengunjungi tempat usaha beliau dan kami terkejut ternyata sudah sebesar itu impactnya. Meski bisa dikatan belum cukup banyak orderan, tapi kalau dilihat dari segi berangkat dari Nol sampai saat ini, itu sudah bagus sekali.

Kini, trip bahkan tidak hanya area Jawa Timur saja, namun trip sampai ke Bali, bahkan tour Wali Songo, Wali Pitu dan tidak hanya mencakup destinasi wisata di Banyuwangi saja, sudah mulai berjalan ke jangkauan yang lebih luas.

Bahkan kerjasama dengan pihak rumah makan dan penginapan berjalan begitu saja.

Tidak Ada Yang Tidak Mungkin

Siapa yang menyangka, bermula dari obrolan santai, lalu membuat akun instagram, kemudian membuat website, sampai mulai mendapat orderan.

Bahkan kami memulai bisnis juga dari Rumahweb, sampai saat ini portfolio semakin banyak, dan semua itu memang tidak ada yang tidak mungkin. Apalagi di era bisnis 4.0 ini, kita memungkin bekerja dimana saja, bahkan di kampung sekalipun.

Manfaat domain itu sangat besar di era digital seperti saat ini, tidak hanya terlihat profesional, namun juga meningkatkan kepercayaan dan rasa aman bagi customer.