Cara Meningkatkan Maximum Upload WordPress (Untuk Pemula)

Anda mendapat peringatan “ukuran maksimal unggahan berkas: 8 MB”, saat akan mengunggah file? Sementara, ukuran file Media, Plugin, atau Tema Anda lebih dari itu.

Cara Meningkatkan Maximum Upload WordPress (Untuk Pemula)
Cara Meningkatkan Maximum Upload WordPress (Untuk Pemula)

Tenang, berikut cara meningkatkan maximum upload WordPress yang paling mudah. Tidak perlu mengedit wp-config.php, .htaccess, ataupun php.ini, cara ini cocok untuk Anda yang baru belajar WordPress.

Cara Meningkatkan Maximum Upload WordPress

  1. Pasang Plugin Increase Max Upload
  2. Mengubah Max Upload di PHP Selector

Mari kita bahas satu per satu.

  1. Pasang Plugin Increase Max Upload

Pasang Plugin Increase Max Upload
Pasang Plugin Increase Max Upload

Fungsi plugin ini adalah untuk meningkatkan ukuran maksimum upload file, sesuai kebutuhan Anda. Terutama ketika akan mengunggah file yang memiliki ukuran diatas batasan yang diberikan.

Cara pasang plugin ini sangat mudah, langsung saja menuju Plugin > klik Tambah Baru > kemudian ketik di kolom pencarian, “increase max upload”. Selanjutnya, pilih Instal sekarang, lalu Aktifkan plugin.

Setelah mengaktifkan plugin ini, secara otomatis ukuran maksimal unggahan berkas akan meningkat. Kalau sebelumnya 8 MB, sekarang menjadi 64 MB ( silahkan cek ).

Apabila ukuran maksimal tersebut masih belum cukup, langsung saja klik menu Wp upload limit. Kemudian ubah ukuran pada “Choose Maximum Upload File Size”, sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jangan lupa, klik Simpan Perubahan. Perlu diketahui, semakin besar ukuran file, maka semakin lama waktu upload-nya. Sehingga, pastikan layanan hosting support, dengan ukuran file Anda.

  1. Mengubah Max Upload di PHP Selector

Apabila cara pertama belum berhasil, Anda bisa menggunakan cara pamungkas ini. Yaitu, menggunakan PHP Selector langsung di cPanel.

Caranya, langsung saja login terlebih dahulu ke cPanel layanan Hosting Anda, kemudian ketik di pencarian “php”, lalu pilih Select PHP Version.

  • Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman PHP Selector. Kemudian klik bagian tab Options.
  • Pada halaman PHP Selector ini, Anda dapat mengubah memory_limit, post_max_size, atau upload_max_filesize.
  • Untuk mengubah ukuran maksimal unggahan di WordPress, silahkan ubah ukuran post_max_size dan upload_max_filesize.

Penutup

Perlu Anda ketahui, mengapa ada batasan ukuran upload? Tentu saja karena salah satunya adalah dapat mengganggu beban server. Hal ini disebabkan karena, semakin besar ukuran file yang diupload, semakin lama waktu yang dibutuhkan.

Akibatnya, respon server menjadi lambat dan bila terlalu lama, maka server akan down. Ini semua tergantung dari kapasitas dan kemampuan hosting Anda. Apabila masih menggunakan shared hosting, kami sarankan pindah ke VPS atau Cloud Hosting.

Demikian cara meningkatkan maximum upload WordPress, yang dapat kami sampaikan.

Bagikan

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *